Kabupaten Probolinggo Dan Pesona Alamnya

 


Nama saya Yusril Ihza Mahendra, saya lahir di Kabupaten Probolinggo. Kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Meskipun berada di pulau Jawa mayoritas penduduk Kabupaten probolinggo berbahasa Madura dan bersuku Madura. Orang yang berasal dari Probolinggo dan berbahasa Madura disebut ‘Madura Swasta’. ‘Madura Swasta’ adalah orang suku Madura yang tempat kelahirannya bukan di pulau Madura seperti Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan lain-lain. Selain itu, tempat kelahiranku atau Kabupaten Probolinggo merupakan Kabupaten yang terkenal dengan penghasil buah manga. Setiap musim manga hasil panennya sangat melimpah.

            Tak hanya terkenal dengan buah mangganya. Kabupaten Proboliggo juga memiliki wisata alam yang sangat indah Berikut tiga daftarnya:

1.      Gunung Bromo



Wisata Gunung Bromo sangat terkenal tidak hanya di kalangan local namun sampai manca Negara. Terkenalnya Gunung Bromo bukan karena tidak ada sebab. Dengan keindahan pemandangan alamnya sangat memanjakan mata. Tidak hanya keindahan Gunung Bromo dan anak Gunungnya yaitu Gunung Batok. Gunung Bromo juga dikelilingan dengan lautan pasir yang sangat luas. Juga, Gunung Bromo terletak di tengah-tengah bukit yang mengelilinginya seperti mangkuk dan Gunung Bromo berada di tengahnya.


2.      Taman Hidup Argo Puro


Taman Hidup Argo Puro digambarkan layaknya surga dunia yang tersembunyi di Pegunungan Argo Puro. Danau Taman Hidup memang tepat disebut sebagai tempat relaksasi. Keindahan alam telaga ini seakan langsung mengobati penatnya pendakian yang sulit. Di pinggir danau terdapat padang rumput yang agak luas. Ilalang-ilalang tumbuh hingga menyentuh bibir danau, memberikan warna hijau segar pada permukaan air. Kawasan berumput dengan latar danau dan pepohonan Gunung Argopuro biasanya menjadi spot foto yang populer bagi para pendaki.Untuk menikmati keindahan danau Taman Hidup Argo Puro harus mendaki sekitar 1.980 meter di atas permukaan laut. Para pendaki dapat melewati jalur Desa Bremi ataupun Desa Krucil.


3.      Gili Ketapang



Gili ketapang merupakan destinasi pulau yang memberikan keindahan alam pantai dan juga kehidupan di bawah lautnya. Tempatnya ada di selat Madura, persis di lepas pantai utara Kabupaten Probolinggo. Pulau Tersebut memiliki luas sekitar 68 hektar. Pasir putihnya dapat memanjakan mata kita dan mampu melupakan sibuknya perkotaan. Taman bawah lautnya juga tak kalah indah yang menjadi incaran wisatawan untuk melihat biodata laut seperti halnya ikan Nemo. Selain itu, wisata pulau Gili juga menawarkan pengalaman wisata alam yang ramah di kantong. Begitu pun dengan paket snorkelingnya yang murah meriah.

Komentar

Postingan Populer